Tips Jitu Untuk Nabung

Yomaaan bang bob!
"Penguasan-penguasan berilah hamba mu uang, beri hamba uang"

Kira -kira begitu sepenggal lirik lagu nya Om Iwan Fals yang sangat fenomenal. Memang, kita akan dibilang bohong banget,klise banget,muna banget kalo beranggapan "Hidup itu ga butuh uang kok". Iya, ga selalu butuh uang kok, tapi gabisa juga tanpa uang. Buat lo yang masih berumur di bawah 17 tahun, mungkin banyak yang masih glendotan sama bokap-nyokap, tapi buat yang udah mandiri  ̶(̶m̶a̶n̶d̶i̶-̶c̶u̶c̶i̶ ̶b̶a̶j̶u̶-̶c̶a̶r̶i̶ ̶d̶u̶i̶t̶ ̶s̶e̶n̶d̶i̶r̶i̶)̶  cari uang adalah hal yang kudu banget dilakuin. Lalu setelah punya uang, mau ngapain sis-bro? Oh jangan galau, itu semua balik lagi ke pribadi masing-masing kalian, mau seneng-seneng terus?atau milih untuk hemat? hmmmmmm.....

Nah sekarang kamu-kamu mau jadi orang yang mana? kalo saya sih pingin yang masih muda tetapi bisa punya simpenan banyak buat beli̶ c̶o̶w̶o̶  sesuatu yang kita dan idamkan inginkan dari dulu. Yaaa harus kita akui bersama ya ceu, nabung itu ibarat nerima kenyataan putus sama pacar yang udah 17 tahun sama kita (pacaran apa nyicil KPR ceu?). Suzzzaaaaah banget apalagi kalo tau-tau temen ngabarin kalo ada SALE besar-besaran di H&M atau Zara, deuuuhh pecah lagi celengan adek bang :'( .
And you know what? butuh niat yang gak setengah-setengah buat nabung uang. Yep, gue dulu termasuk orang yang musuhan banget sama nabung. Eh tapi semenjak bertemu Sang Arjuna gue diajarin jadi manusia yang berprinsip "Hemat pangkal kaya". Doi ngajarin gue banyak banget tentang gimana caranya survive di jaman yang sungguh keras ini. Terkadang kita sering lupa apa aja yang udah kita bayar/beli, akhirnya uang kita abis aja tanpa sisa. Dengan gaji yang gak banyak, kita sebenernya bisa kok memanfaatkan dengan baik asal kita bisa menahan diri dan gak males buat mengingat pengeluaran kita. Berikut tips yang menurut gue ampuh banget buat lo pada yang dulunya gabisa kontrol pengeluaran setiap hari/minggu/bulanan. Cekibroott!!!

1. Lihat Penghasilan.
Romantis bangeeeet :(

Yep, mengetahui penghasilan kita jelas sangat perlu, mengapa oh mengapa? karena cuma orang gila yang punya penghasilan sebulan nya tarolah 3jt, tapi pengeluaran 10jt. Kemungkinan itu orang kalo ga anak pejabat, atau simpenan pejabat wkwkwkwk. Maksudnya adalah dengan kita tau penghasilan kita berapa sebulan nya, otomatis ada rasa ragu,takut̶ k̶e̶h̶i̶l̶a̶n̶g̶a̶n̶ ̶d̶i̶a̶   , atau mikir lagi buat beli sesuatu yang mungkin ga terlalu butuh untuk sekarang, atau penyakit manusia dimana-mana "Laper mata" doang. Sebaiknya, jangan ragu untuk memberikan tantangan pada diri kita ketika ingin membeli sesuatu. Gue sering banget ngiler sama yang namanya sepokat alias sepatu, tapi gue gak langsung memanjakan diri gitu aja, gue sering banget membiarkan diri gue bolak-balik ke tempat yang sama dimana sepatu itu dijual hanya untuk bikin gue semangat kumpulin duit. Bahkan kadang-kadang gue udah ngumpulin uang dari kapan tau buat beli barang itu, taunya pait pait nya harus kepake untuk hal yang lebih emergency atau guenya udah keburu nemu sepatu yang lebih cucyok dari yang dulu. 

2. Membuat List Pengeluaran.
Bikin list nya

Jaman sekarang masih tet nyatet? weits, harus gue akui metode ini ampuh banget loh! ampuh bikin gue tertampar dan berkata "Atopiloh, banyak banget pengeluaran gue". Gapercaya? coba lo bikin table di Ms. Word atau Ms. Excel atau kalo malesss beudh buka kompi lo gambar table nya di kertas. Buatlah kategori :
  • Household : (jika kamu ada belanja bulanan untuk kebutuhan sehari-hari macam sabun,shampoo,makanan instant yang biasa dibeli di supermarket, pasar atau agen deket rumah) coba di list apa aja yang biasa di beli dan jumlahnya.
  • Charge to : kategori ini bisa ditulis tagihan kredit bulanan (jika ada), Uang untuk kasih orang tua lo,pulsa telpon (pasti beli doong), uang makan sehari-hari (lebih hemat kalau bisa masak sendiri dirumah), amal sama orang yang membutuhkan (biar berkah rejeki kita), Tagihan rutin (contohnya bayar fitness,bayar arisan,TV cable,nabung bayaran kuliah, dll). Lalu bikin jumlahnya.
  • For Operations : sok iye banget ngasih namanya wkwk, ini maksudnya pengeluran diluar dari si Household & Charge to. Bisa buat jajan,pacaran,traveling, dll). Lalu bikin jumlahnya.
Udah buat? nahhh coba deh di jumlah berapa jumlah semuanya dari semua kategori itu. Ga ada sisanya alias minus? berarti tandanya lo udah saatnya menghemat dan mengurangi apa aja item-item yang dirasa perlu untuk di hapus supaya gak memberatkan. Atau jika ada sisanya, biar sedikit jadikan itu kategori ;
  • Savings : uang yang jadi sisa ini bisa jadi simpenan kamu kalo ada keperluan lain nanti, atau kebutuhan mendadak yang krusial. Kalo ada tabungan kan jadinya gak pusing. Atau kamu yang kumpulin uang buat bayar kuliah atau bayar katering seperti saya? hahahaa metode saving ini sangat membantu ladies, kita jadi merasa ringan dengan sedikit demi sedikit daripada harus semuanya dibayar secara berbarengan.
3. Membawa catatan belanja.
Catet biar ga bablasss

Cara ini juga sangat bagus di praktekan loh. Kita jadi fokus sama tujuan belanja kita hari itu (kecuali tiba-tiba ada promo Buy 1 get 1) :p . Gunanya juga kita tau berapa jumlah uang yang kita keluarkan untuk belanja saat itu. Jangan lupa minta struk/bon pembelian supaya kita bisa mencocokkan catatan kita dengan struk tersebut. Jadi semuanya ter-control deh!

4. Membuat beberapa tabungan berbeda.

Pisahkanlah uangmu.

Jika kamu orang yang gemar membuka tabungan di banyak bank, kamu bisa memanfaatkan tabungan yang satu dan lain nya untuk menabung tanpa takut kehabisan uang. Pisahkan uang yang akan dijadikan simpanan masa depan dan yang akan di habiskan untuk sehari-hari. Saran dari saya, buatlah tabungan yang biaya admin nya kecil atau bahkan tidak diberikan kartu ATM wohohohoho (jika ingin nabung ketat, emangnya cuma diet doang yang ketat). Dijamin kamu akan semakin irit, karena males menjalani proses dari bank untuk mengambil uangmu. Atau mau pake cara lebih vintage? belilah 2 buah celengan untuk 2 jenis uang berbeda (Saving & Operasional). Simpan celengan di tempat terpencil dan gembok kalo perlu hihihihi.

5. Investasi
Trueeeee


Hobi beli emas?atau beli dollar? itu patut diteruskan loh, tapi tujuan nya tidak lain untuk investasi ya guys. Atau belilah barang yang dapat menghasilkan uang lagi. Pastikan kamu punya keahlian atas barang tersebut loh. Misalnya beli kamera, jangan cuma buat narsis sama si doi doang, tapi bisa juga buat bikin bisnis poto pre-wedding atau buku tahunan. Lumayan kan daripada lumanyun?

6. Konsistensi
Buat semangat!

Nahhh eninih yang susah dari yang tersusah, yang gila dari yang tergila. "Jadilah orang yang konsisten", kata-kata itu seakan terngiang-giang di kepala gue ketika mau beli sesuatu, Seperti ada malaikat dan iblis di samping kanan & kiri gue. Dari semua saran di atas, semuanya akan sia-sia kalo kitanya ga konsisten sama apa yang dikejar. Besok hemat eh 2 hari lagi brutal belanjanya. Kapan kaya nya sissss??. Perbanyaklah solat dan berdoa hehehe. Tanamkan pada diri kita, kalau masih banyak hal nanti yang bisa kita punya dan masih banyak yang jauh lebih berguna dari ini. Balik lagi ke kekuatan iman seseorang. *tiba-tiba lagu terangkanlah nya opick nyala.

Itulaaaaah segelintir,secercah dan seonggok tips dari saya. Yaaaa emang sih ngomong doang tuh enak, giliran di lakuin rasanya mau gila. Cuma ga ada salahnya mulai untuk mencoba, toh untung nya bukan buat saya tapi buat anda-anda sekalian (kecuali yang merasa berhasil terus mau berterima kasih dengan ngajakin makan pizza). Ga nolak loh saya :D. Cara ini ada yang bilang berhasil ada juga yang bilang kurang mantep. Karena sesungguhnya kesempurnaan hanya milik Allah, kekurangan hanya milik kita semua *ala-ala dorce show.

Kalo kamu ada cara bagus untuk nabung, boleh dong di share disini. Atau kalo ada kritik dan saran silahkan Japri di komen ya!.

PS : Kebahagiaan seseorang tidak semuanya diukur dari uang

"GOOD LUCK :*"


Komentar

Postingan populer dari blog ini

REVIEW : Chikal Catering

Mengenang masa-masa test food Catering

Balada mau kewong - Episode 1 "mencari gedung kawinan"