Mengenang masa-masa test food Catering

Stunning!
Cakep ya dekorasi Catering gambar gambar di atas? Gue suka banget sama tema rustic dalam pernikahan. Tapi dari sekian banyak vendor-vendor pernikahan yang gue samperin, ga ada loh ga ada satupun yang masuk budget gue WUAHAHAHA.
Oke abaikan khayalan babuk di siang hari ini. Betewe, ngemeng-ngemeng soal Catering, gue jadi inget ya saat masih menjadi k̶e̶m̶b̶a̶n̶g̶ ̶d̶e̶s̶a̶  capeng yang lugu dan gampang kemakan omongan para marketing catering. Tepatnya semenjak tahun lalu, saya dan pasangan mulai test ̶k̶e̶t̶a̶h̶a̶n̶a̶n̶ ̶m̶e̶n̶j̶a̶l̶a̶n̶i̶ ̶k̶e̶h̶i̶d̶u̶p̶a̶n̶  food di beberapa vendor yang akan gue ceritakan sedikit di mari. Dari yang harganya masuk akal sampe yang masuk ̶a̶n̶g̶i̶n̶ .


Ketemu vendor ini tuh pas gue sama dia lagi dateng untuk pertama kalinya ke event tahunan Jakarta Wedding Festival 2015 . Udah berjam-jam muterin JCC buat berburu selebaran vendor, tibalah gue di bagian vendor-vendor catering yang buka booth di event itu. Nama-nama yang katanya hits pun ada disana macam Dwi Tunggal Citra , Puspita Sawargi , Akasya , Alfabet, de el el masih banyak banget deh. Booth dari masing-masing vendor itu pada nyediain test food langsung dan bisa bayar langsung kalo lo punya duit saat itu jugak, Hopeless sama harga-harga vendor hits itu, gue coba mblusukan ke booth-booth yang mojok, tiba-tiba ada mbak marketing catering nawarin gue test food di booth nya, karna emang ̶l̶a̶p̶e̶r̶  gue terbujuk rayuan dia buat mampir, Nama Vendornya Nendia primarasa, pas cobain makanan nya sih lumayan enak, mereka informatif dan gue diundang test food di gedung bulog minggu depan katanya. Skip-skip gue dateng siang bolong buat test food di Gedung bulog, disuruh hubungin PIC nya yaitu mas Ado, akhirnya kita dipertemukan di belakang gedung. Test food nya misah sama acara nikahan nya, jadi ga nyampur. Saat test food disana, rasa makanan nya gak seenak pas kita cobaan pertama kali dulu, cuma satu yang paling enak gue inget dan akan selalu inget inget yaitu CHOCOLATE MELTED nya, endess ceu. Rasa itu berubah ketika melihat rincian harga yang mereka tawarkan, 100 jt ++ untuk 300 undangan. Terus kita coba masuk ke dalem acara nikahan yang lagi berlangsung buat liat dekornya. Kelihatan nya sih so so lah, dekornya shabby-chic ala ala kekinian gitu. Sayang banget udah ilang entah kemana brosurnya, untuk harga coba liat di web nya ada langsung telpon marketing. AHA! gue masih punya kontak marketing nya nih..
Mas Ado : 081315588774


Tau vendor ini dari pengurus masjid Cut nyak dien yang gue share di MARI . Gue coba-coba search dulu alamat dan review tentang vendor ini, ada yang bilang murah tapi murahan tapi ada yang bilang not bad untuk budgeting catering vendor. Setelah hubungin marketingnya kita lagi-lagi di undang test food, kali ini acara mereka lagi di masjid agung Sunda Kelapa. Dapet acara siang bolong lagi, ketemu lah sama Mbak Ami. Gue mikirnya bakalan di ajak ke belakang gedung kaya model si Nendia Catering eh taunya gue disuruh masuk sebagai tamu, mesti ngamplop pula. Gue yang emang lagi ̶k̶e̶r̶e̶ milih untuk test food aja deh di dapurnya, di dalem gue cuma liat-liat hasil dekor mereka aja dan ngeliat make up pengantin nya. Udah gitu di dapur, kita cuman bisa nyobain menu buffet utama aja, kalo gubukan dan dessert nya kudu masuk dan jadi tamu. Gue yang emang malu-an orang nya keburu males, beda banget sama si Nendia yang tinggal duduk terus ada pelayan yang bantu ngambilin makanan buat di coba (duit emang ga boong ya ceu). Rasa makanan nya rumahan banget tapi enak sih ga failed kok. Setelah test food gue akan selalu nanya detail yang kita dapet kalo deal, eh si Mbak Ami ini kayaknya ga hafal produk ceu, jawabnya gatau terus, dia nyuruh gue buat ke kantor purnama aja. Beberapa hari kemudian gue coba main ke kantornya purnama di daerah cempaka putih. Sampe sana ketemu sama Mbak Ria yang kayaknye marketing senior di purnama. Kesan pertama gue awalnya pas di sunda kelapa udah agak down, eh pas ketemu si marketing ini jadi makin down ya.. 
Entah ya dia ga ngasih gue kesempatan ngomong untuk jelasin konsep nikah gue, dia teruuuuusss ngejelasin satu persatu list yang ada di brosur, cuma yang bikin gue agak spanneng, kok nih marketing kaya ga terima banget ketika gue sebutin gedung yang kira-kira akan gue pakai nanti. Dia terus-terusan rekomendasiin gedung-gedung rekanan dia karna menurut dia gedung yang gue sebutkan ga bagus dan akses nya susah (lah kok jadi elu yang ngatur). Harga yang di brosur juga akan naik 2 juta kira-kira dari masing-masing paket. Udah gitu yang ditulis di brosur ga seperti yang lo bayangin sis, kita ga dapet baju akad (pengantin maupun orang tua), MC cuma resepsi aja kalo mau akad bayar lagi, ada penambahan charge untuk adat minang (karna gue berencana pake itu) dan masih banyak lagi yang gue lupa tuh saking cepet banget ngomong nya kaya kerea shinkasen! ;'( 
Berikut ini adalah brosur-brosur yang gue scan buat bahan refrensi :

Paket 300 untuk 600 und

Paket 400 untuk 800 und

Pilihan kelas menu yang akan dipilih sesuai paket.

Menu Gubukan.


Daftar Rekanan Gedung nya
Kita juga sempet liat koleksi baju pengantin nya, over all bagus-bagus dan sunting nya bagus banget. Walaupun gue agak keciwa sama pelayanan marketing nya, purnama menjadi kandidat vendor yang (mungkin) gue pakai. Kekurangan nya mereka juga pelit banget ngasih bunga-bungaan asli di dekorasi yang gue liat di sunda kelapa waktu itu. Buat lo yang orang nya detail kaya gue, menurut gue mengharapkan dekorasi yang stunning di vendor ini, mending lupain aja :D.
Contact person : Mbak Ria 081316408169

Lagi-lagi dapet info soal vendor ini dari Bapak pengurus masjid wakakakaka. Setelah tek-tok an sama si marketing, datenglah kita ke aula masjid nurul badar pasar minggu. "Buset sumpek banget" itu hal yang gue rasain ketika ngeliat masuk ke aula itu. Lagi-lagi kita disuruh jadi tamu buat test food, gue sebenernya agak kurang respect ya untuk test food model begini, kan kasian si empunya acara, dia bayar mahal tapi ada tamu tak diundang yang nyampur makan sama tamu-tamu undangan nya. Udah gitu, pas gue lagi dateng, jam baru menunjukan pukul 12 siang,acara baru di mulai jam 11 tadi tapi makanan udah LUDES , entah yang punya acara ngundang nya over banget atau si catering nya yang ga jago ngatur untuk serve makanan. Gue gak tahan di dalem lama-lama karna napas susah di hirup. Gue mempercepat ke bagian tanya jawab soal benefit yang kita dapet kalo deal. Dari harga paket yang di tawarkan di brosur, gue akuin murah banget eh ternyata pepatah "don't judge book by their cover" itu berlaku banget. Banyak banget +++++++++ udah kaya panti pijet. berkali kali lipet yang kita harus bayar ketika nanya harga yang sebenernya. Stay cool, gue tetep menunjukan simpatik gue. Untuk price list bisa langsung hubungi marketing nya aja.
Contact Person : Mbak Anggi 081310326986

Dua kata buat vendor ini, GOOD MANAGEMENT. Iya, lo pasti akan bergumam ketika pertama kali dateng ke kantornya. Sebelum kesana, gue sempet test food dulu di Balai Makarti kalibata. FINALLY, gue ketemu lagi test food yang misahin diri dari acara (test food terpisah). Rasa makanan mereka enak semua, potongan makanan nya besar dan ga pelit bumbu. Si mas Maksum (kalo ga salah namanya) nyaranin gue buat langsung aja ke kantornya chikal di Cipayung buat nanya lebih banyak. 
Pas dateng ke ruko (iya,rumah gedeee banget jadi kantor juga) antrian nya kaya nunggu dokter, puanjang dan untung mereka punya nomor antrian untuk mengorganize para calon customer agar teratur. Gue dapet antrian ke 60, dan baru sampe nomor 50. Gue pikir bakalan suntuk nih nunggu, eh ternyata di atas di sediain makanan buffet dan dessert gratis sampe mabok buat para tamu. Alternatif lain tamu juga boleh survey ke bagian tata rias dulu buat liat-liat baju pengantin dan hasil-hasil rias nya chikal sembari nunggu antrian catering marketing nya yang mengular hahahaha. Dari kejauhan tampak seorang Ibu memakai jilbab dan orang-orang pada ngerubungin dia, dan ternyata pemirsa dia adalah sang owner, Ibu Sri Purwati. Gue mikir, ngapain pada dikerubungin?kata sebelah gue orang-orang pada usaha ngerayu bu sri buat ngasih bonus yang banyak. Wah, gue berdoa supaya gue bisa disamperin dia pas lagi menghadap si marketing nanti. 
Tibalah giliran gue untuk ke meja marketing, gue dipertemukan dengan Mas Eko, si marketing yang jowo tenan ini sungguh membuat hati gue dan pasangan adem. Kenapa? karna dia ngasih harga paketan kita sangat-sangat reasonable, di tambah bonus-bonus yang bergelimang dari mulai baju akad, MC akad, dekorasi yang sesuai request gue, Ohiya dia juga ngasih pilihan bonus yang bisa gue pilih salah satu, yaitu 50 porsi jumlah makanan atau gratis tarian adat padang. Gue sampe mikir, ini vendor dapet untung nya gimana? kok banyak banget diskonan nya. Segala detail mulai dari catering,tata rias,dekorasi,entertainment, Foto & Video, Perlengkapan dari akad (100 porsi makanan dapet pas akad, yeay), kalungan melati,kotak angpao dll. Pokoknya elo tinggal duduk manis. Baru kali ini gue senyum dan seneng ketika konsultasi sama vendor catering, sama yang lain kok gue bisa megangin kepala,speechless (sama harga), dan ga diberikan solusi atas keinginan gue. Untuk harga, bisa di lihat di SINI sebagai refrensi tapi bisa jadi akan beda ketika langsung disana, ini pengaruh sama gedung yang akan digunakan (ada charge gedung nya kalo aturan nya dari sana begitu, kalo ga ada ya ga dikasih charge gedung).
Untuk pembayaran Chikal juga ga kolot, yang penting kita nya komunikatif dan stick to the rule, bahkan chikal bisa memberikan 10% sisa pembayaran di bayar nanti abis nikah. Sungguh mulia hatimu, Chikal.

Harga paket sesuai web.

Harga paket sesuai web.
Dari sekian vendor yang saya review, Bismillah akhirnya kami memutuskan untuk pake Chikal Catering. Semoga hasil kerjanya akan memuaskan seperti pelayanan nya. Untuk review Chikal, terpisah ya (beloman juga acara kawinan gue) :D. 

Ada beberapa tips untuk kamu yang mau milih Vendor Catering :

  • Jangan males buat test food, karna kita bukan mau beli kucing dalam karung, Makanan adalah hal paling krusial yang akan jadi kenangan buat para tamu kita.
  • Browsing-browsing-browsing terus, jangan berhenti cari info vendor-vendor catering yang berserakan di luar sana.
  • Agar pilihan lebih mengerucut, sesuaikan budget mu. Baru cari tau vendor yang mendekati budget mu.
  • Kalo bisa kita tentukan secara fix gedung yang akan kita pakai, supaya si vendor catering bisa cepat memberikan harga paket yang kita pengin.
  • Catat makanan yang enak dan tidak enak saat test food, jika kamu fix pake vendor itu nantinya kamu bisa memilih apa saja yang akan menjadi menu saat pesta.
  • Dp dapat mengikat harga paket untuk jangka waktu tertentu, tetapi jika kamu sudah berani membayar dp, artinya kamu sudah siap uang kamu akan di potong atau bahkan tidak dikembalikan. Jadi mohon untuk di pastikan ketika ingin memakai vendor tersebut.
  • Siapkan waktu jauh-jauh hari, untuk beberapa catering yang sudah hitzzz, dalam setahun mereka sudah mempunyai orderan bahkan sampe tahun depan nya, jadi buat kamu-kamu yang mau nikah terus mau pake vendor yang hits tersebut, pastiin booking atau DP minimal setahun sebelum. 
  • Tanyakan sedetil mungkin dari mulai jumlah catering, tata rias (baju,make up,hair do),warna dekorasi dan apa saja hal-hal kecil yang kita dapatkan nantinya, supaya jika ada hal yang mereka tidak berikan dapat kita urus sendiri (contohnya undangan,souvenir,baju kebaya untuk keluarga).
  • Jika kamu ingin satu paket dalam satu vendor mungkin gak akan seribet ambil paket dari vendor lain (misalnya, catering nya chikal, riasnya dari sanggar lain), kalo aturan di chikal dan si catering lain nya biasanya akan dikurangi saja tergantung kebijakan. Chikal adalah vendor yang mempunyai sanggar rias sendiri, jadi kalaupun mau dilepas harga yang di potong ga sebesar harga menyewa sanggar di tempat lain. Jadi siapkan budget lebih! *siap-siap jaga lilin.
Hohohoh ribet ya ceu? embyeeeran cyn, namanya juga katanya sekali seumur hidup, apa-apa harus mateng kalo serba mepet dan kita nya males ntar nyesel sendiri deh taunya di tipu ̶c̶i̶n̶t̶a̶  nya vendor wuakakakakakak.

PEACE LOVE AND GAHOL... GOOD LUCK

Komentar

  1. Mba Riana, review hasil cateringnya gimana? Baguskah?

    BalasHapus
  2. udah lupaa kayanya sang pemilik blog :)

    BalasHapus
  3. Buat temen2 calon pengantin se Indonesia raya..yukkk ahhh jangan pake ragu buka web QQ Wedding..krn banyak BONUS menarik menanti kamu lhooo

    Karena cuma di QQ WEDDING yg bisa menyesuaikan dengan budget kalian lho dear..
    Mengemas hari bahagia kalian menjadi lebih istimewa adalah impian kami..

    Hayooo yang mau hari istimewanya di bikin lebih cantik dan berkesan, gak usah pake ragu lagi..

    hub kami segera sms/tlpn/WA di 0812-9835-0666 CP: Kiki

    Untuk melihat detail paket dan promo lainnya silahkan kunjungi

    www.qq-wedding.com

    Tx dear...

    BalasHapus
  4. Buat temen2 calon pengantin se Indonesia raya..yukkk ahhh jangan pake ragu buka web QQ Wedding..krn banyak BONUS menarik menanti kamu lhooo

    Karena cuma di QQ WEDDING yg bisa menyesuaikan dengan budget kalian lho dear..
    Mengemas hari bahagia kalian menjadi lebih istimewa adalah impian kami..

    Hayooo yang mau hari istimewanya di bikin lebih cantik dan berkesan, gak usah pake ragu lagi..

    hub kami segera sms/tlpn/WA di 0812-9835-0666 CP: Kiki

    Untuk melihat detail paket dan promo lainnya silahkan kunjungi

    www.qq-wedding.com

    Tx dear...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boleh minta pricelist ? Sellyhadigusnia@gmail.com

      Hapus
    2. Boleh minta pricelist ? Sellyhadigusnia@gmail.com

      Hapus
  5. PROMO PURNAMA CATERING : Discount 1tj sampai akhir tahun 2018 (Berlaku untuk gedung tertentu)

    Contact Person Purnama Catering : RIA (0813 1640 8169), AMI (0813 1608 7873), INGE (0812 9104 2586), TINI (0812 9598 623)

    email : purnama.0616catering@yahoo.com

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

REVIEW : Chikal Catering

Balada mau kewong - Episode 1 "mencari gedung kawinan"