Balada mau kewong - Episode 1 "mencari gedung kawinan"

Samlekuuuuum blogger, gila sampe lumutan nih blog. Setelah cerita terakhir gue soal "pertemuan dengan pasangan gue" kali ini akhirnya, gue mau NIKAH, yak lo ga salah denger. Setelah hampir 4 tahun pacaran kita mikir udah saatnya kita menghalalkan diri dan melaksanakan sunnah rasul (ahaaay). 

Sejujurnya aja, kita berdua masih muda bgt loh! tebak coba berapa umur gue? heheheh. Kita berdua juga alhamdulillah udah punya pekerjaan yang settle di tempat masing-masing. Gue tipe orang yang simple tapi bawel (nahloh), gue menginginkan pernikahan yang diimpikan semua orang, apa coba tebak? MURAH wkwkwk. Soalnya gue pikir-pikir, buat apa nikah harus mewah,muahaaal,ribet? mendingan yang sederhana tapi hangat, uang nya bisa di pake buat hanimun ke Jepun *eh.


Konsep pernikahan gue sendiri sebenernya, nasional-minimalis-rustic (?). Gue jatuh cintrong bgt sama tema rustic buat pernikahan, karna anti-mainstream dan minimalis. Tapiii gue ga melupakan tradisi keluarga gue dimana "anak daro" haruslah pake suntiang kalo nikah. Tapi gue gamau yg mainstream, gue akan paduin adat minang dengan tema yang akan gue pake pas nikah nanti. Jadi kesan nya ga meng-adat banget lahh. Walaupun ntar pake suntiang gue gapake baju kurung, tapi kebaya atau gown. Gokil kan? 


Back to topic, gue akan membahas beberapa tempat wedding (yang murah meriah menurut gue). Maksud dan tujuan gue kasih info ini adalah untuk memberikan solusi kepada para capeng yang punya masalah sama kaya gue (mau nikah tapi murah meriah). Gue akan mengulas beberapa tempat di jakarta & sekitarnya yang bisa dijadiin tempat buat kawinan. Dan yang gue akan bahas ini adalah tempat-tempat yang memang sudah gue kunjungi dan sempet tanyakan. Cuma memang kebanyakan aula masjid yang akan gue review, soalnya keluarga gue nyaranin untuk disana secara kita kan muslim. Nih dia berikut review gue :


KEPO KAAAN??? Cekidot.



  • Aula Masjid Cut Nyak Dien - Gondangdia, Jakpus.




Yang pertamaa *nadalaguobathati :D , aula masjid cut nyak dien ini lokasinya ada di derah Gondangdia, gak jauh dari stasiun gondangdia. Masjidnya mungil tapi unik bentuknya. Konsepnya dia semi-outdoor tapi ga outdoor banget *bingungkanlo jadi outdoornya secamam teras bukan area terbuka. Layout nya dia V kaya panggung konser wkwk. Masjidnya diatas, aulanya di bawah. Cocoklah buat pesta sederhana. Ini reviewnya dari gue :
Kelebihan :
          - MURMER CYN, biayanya hanya 4jt all in.
         - AC untuk di bagian dalamnya aula
         - Ceiling nya tinggi untuk bagian outdoor nya, dan vintage gitu. kayu-kayu kaya jaman dulu
         - Boleh pake musik live (organ,akustik)
         - Sudah berkarpet (aula dalam)


Kekurangan :
         - Daya Listriknya kecil pisan euy, mesti nambah genset untuk pemakaian musik dan kalo lo mau pake dekor2 yang kudu nyolok listrik
         - Gabisa dipake acara malem (karna ntar ngejepret listriknya)
        - Daya Tampung hanya 500 orang, kalo lebih sih sumpek marumpek
        - Ini juga ga kalah penting, parkiran! yak disini parkiran nya ga ada loh. paling akan di koordinasi di sekitar komplek perumahan gitu.
        - Ceiling di dalem aulanya, yang biasanya buat pelaminan itu ga terlalu tinggi dan gabisa pake panggung yang tinggi juga karna pendek cyn.
        - Berlaku rekanan catering, kalo non rekanan kena 10 % dari total pesanan
  
PIC nya : Bapak Rahmat : 08121813945. (beliau sepertinya marbot masjid, jd selalu di tempat)


  • Aula Masjid Al-Ittihad Tebet Mas, Jakarta Selatan.

Yang kedua permisah, yaitu masjid langganan nikah artis ibukota. Masjid al ittihad letaknya ada di komplek perumahan tebet mas, udah gitu dia lokasinya memang agak susah dtemuin kalo lo bukan asli orang tebet wkwk. Cuma patokan nya itu deket SMA 26 jakarta, kalo udah sampe situ tinggal tanya aje kalo ndak tau. Pas gue survey kesana itu udah malem sekitar menjelang isya dan gue akuin ini tempat luas banget (karna didalemnya ada sekolahan TK,SD al-ittihad). Seperti aula masjid lain nya, letaknya ada di bawah masjid nya. Dan disini berlaku yang namanya rekanan-rekanan (Catering,dekor,dll).
Kelebihan :
          - LUAS CYNN, parkiran nya nampung puluhan mobil dan motor.
         - Pemakaian malam bisa, kalo kamu-kamu ngerasa suasana siang ga nyaman karna panassss. Listriknya lumayan gede
         - Ruang riasnya ada dua, pisah cowo-cewe.
         - Kapasitas bisa 700-1000 kalau pake lapangan di samping aulanya.
         - Full AC.
         - Bersih tempatnya.
         - Bentuk Kubah masjidnya yang artistik. *saelah
         - Boleh pake musik live tp ga organ dan musik2 aliran keras (?)


Kekurangan :
          - Mehong alias mahal untuk ukuran sebuah aula masjid
           Biayanya 7 juta, kalo mau pake area atas untuk akad kena lagi 2 jt, dan kalo mau                  pake aula yg sama untuk akad juga kena 500 ribu. Sewa lapangan juga kena charge            per meternya.
         - Charge non rekanan lumayan gede.
         - Susaaah dihubungin kalo lewat telpon, mendingan dateng langsung deh.
         - Kudu tau jalanan tebet.
         - Ceiling di dalemnya ga terlalu tinggi (highlight buat yg mau pake pelaminan macam bagonjong)
         - Belum berkarpet

        PIC : Ibu Ulfah, 081287749229 (bisa janjian ketemu weekend kl ente2 pada gbs                      weekdays, beliau ga ada sampe malem soalnya)



  • Aula Masjid Al-Huda, Tebet Timur - Jakarta Selatan.




Yang ketigah, masih dengan aula masjid, dan masih sekitaran tebet juga. Masjid Al-Huda ini letaknya di tebet timur, arah ke jalur hijau tebet (hutan kota di tebet) dan letaknya persis di samping sekolah muhammadiyah. Sebenernya aksesnya ga susah kok, kalo lo tau wafa tebet nah itu gajauh dari situ. Gue tau nih tempat gegara sodara gue kemaren nikah dimari. Tempatnya besar dan terjangkau sih. berikut reviewnya :
Kelebihan :
          - Harganya sama murahnya kaya aula cut nyak dien, tapi ada perbedaan sedikit.Untuk pemakaian di aula saja, cuma dikenain 4 jt. Untuk akad di masjid atas, kena                lagi 500 rebu guys.
         - TIDAK ADA istilah rekanan-rekanan disini, bebas mau pake siapa aja. Untuk charge catering udah termasuk dalam 4jt tersebut.
         - Parkiran nya lumayan luas, nampung belasan mobil dan motor.
         - Ada keamanan (satpam) yang jagain.
         - Ceiling aula lumayan tinggi, tapi ga tinggi banget juga. Tapi gue akuin jd keliatan luas dan ga sumpek.
         - Pemakaian malam bisa
         - Sudah ada panggung permanen tingginya sekitar 1 meter.
         - Kapasitas : 600 orang
         - Ruang rias dipisah, ada dua.


Kekurangan :
         - No ac, tapi buanyak kipas angin gantung. Ada sekitar, 15 kipas jadi ga gerah bgt. 
          - Gaboleh pake musik2 live, hanya boleh kaset atau mp3 dari laptop 
         - Kalo mau pake standing ac bisa, tapi lo harus sewa genset. :(
         - Belum berkarpet
         - Ga artistik 


PIC : Bapak Ismail, 08128686034 (beliau ada hampir tiap hari termasuk weekend, cuma ga sampe malem sih, buat jaga2 mendingan janjian dulu).
        

Yah segitu dulu review dari eyke, sebenernya banyak yang pernah gue coba telpon untuk sekedar nanya harga dan kapasita. Cuma kebanyakan ga masuk budget eyke neik! Ada yang belasan,puluhan sampai ratusan *pusingpalaprincesselsa. Ada sih beberapa tempat yang hanya numpang lewat dan sekedar tau harga aja, mungkin kalian membutuhkan info nya. Nih gue bocorin :


  • Omah Kebon Bekasi, Pekayon.
        Tempatnya semi indoor, dan cocok buat pesta kebun gitu. Harganya 12jt s/d 14 jt.
        
        PIC : Wulan, 085694985379

  • Pendopo Kemang
        Semi outdoor juga, terus tempatnya kaya rumah joglo gitu. Tidak ada sewa untuk tempatnya, tapi dikenakan biaya makanan, per pax nya start from 150.000 ++.
        
        PIC : 021-7183731 (Pendopo Kemang)
                 0878 8896 8155 ( ibu karti )
                 0813 1916 4479 (Ibu Karti )

  • The Golf Pondok Indah
        Ini gue salah banget sih nanya, denger harganya rasanya mau loncat dari lantai 50   sambil meluk kalkulator. Harganya boooo, 300 jt ++++++++++++ *pijetkaliah. Tapi monggo kalo mau coba, kapasitasnya besar sih, 1000 pax keatas.

        PIC : Vani, 085694547033

  • Casakhasa, Kemang
        Tempat ini cucok buat lo yang mau ngadain intimate wedding dan rustic/shabby chic wedding. Karna tempatnya itu ga terlalu besar, dan fungsi sebenernya adalah restoran.         Harganya sama kaya pendopo kemang, tidak ada harga sewa tempat, tapi dikenakan 170.000 per pax untuk makanan. Mau bawa makanan sendiri? Ora isoooo toh mbaaaakkkk......................

        PIC : Agus, 08568492094



  • Rumah Sarwono
        Sepertinya grup joglo lain nya, rumah ini konsepnya jawa vintage. Dan gue bener-bener pgn banget nikah disini, yah tapi apa mau dikata? budget mengatakan tidak :( .           Untuk harga sewa, dia nerapin seluruh atau separuh area. Dan ada biaya charge rekanan dll. Seluruh area nya kena 25 jt, separuhnya 17 jt untuk masing2 7 jam pemakaian.

        PIC : Donny, 081808646969


Saran gue sih, jangan mikirin mewahnya kalo milih gedung. Pikirin budgetnya, kapasitas dan fasilitas. Jaman sekarang neik, ada uang ada rupa.

Semoga bermanfaat yaaa buuuu....




to be continue......

Komentar

  1. Hi Capeng,

    Lagi galau mikirin pernikahan ya, don't worry. Kami dri INETTHA CATERING & WEDDING SERVICES hadir utk membantu capeng semua.
    Paket kami :
    * mulai dr 40jtan (ALL IN)
    * gubug mulai dr 10rbuan/porsi
    * dan byk bonus menarik lainnya.
    Tunggu apalagi segera hubungi kami.
    Psstt...kalo mau buat acara dirumah harga bisa lbh murah loh 😉
    CP :
    NETTA 083878872988/08891408412 (whatsapp)
    IG @inetthawedding
    www.inetthawedding.blogspot.com

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. Permisi, sekedar info untuk semua bahwa saya (Wulan) bukan lagi CP untuk Omah Kebon. Mohon abaikan info yang saya post sebelumnya.TERIMA KASIH.

    BalasHapus
  4. Mbak Riana, Minta tolong contact aku dihapus yaa... Terima kasih :)

    BalasHapus
  5. Hallo semua..

    Salam kenal, kami dari Zuma Cafe ingin memperkenalkan sebuah tempat ngopi asik yang seringkali di fungsikan sebagai lokasi pre-wedding indoor, tepatnya berlokasi di Ruko Grand Galaxy, Bekasi (dekat dengan Grand Galaxy Park).

    Zuma Cafe memiliki 2 lantai dengan interior bertema Industrial. Bukan hanya suasana Zuma yang bikin betah berlama-lama nongkrong bareng teman, sahabat atau keluarga. Tapi menu Zuma yang unik dan lezat memang bikin kangen balik lagi daaan lagi.

    Apabila berkenan untuk melihat-lihat coffe-shop kami, silahkan mampir ke IG @zuma_coffeeandcult.

    Namun apabila Anda tertarik untuk menjadikan kami sebagai lokasi prewedding, silakan cek IG @zumatmosphere.

    Informasi lebih lanjut, hubungi:

    CP: Kartika
    CALL: 085695090100 (tidak ada WA)
    LINE Chat @mjm8018w ---> bit.ly/2qu87Lf
    Email: zumatmosphere@gmail.com

    BalasHapus
  6. Hallo Semua :) :) :)

    Untuk yang mau Nikah Murah Meriah di Jantung Tebet?
    Ada kami di Tebet Barat
    Ga usah sewa tempat kami yang kapasitasnya bisa 400+50 (aula dan vip), yang parkirannya juga bisa sepuluh mobil, mau pake 7 jam juga Ok

    Cuma perlu bayar makanannya
    Mulai 50rb/pack nya
    Minimal 200pack

    Kita tambahin bonus
    Gratis Full Band

    Cuma bisa hari sabtu minggu

    Untuk viewing tempat
    Contact Deden Chandra
    0813 1097 8000

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengenang masa-masa test food Catering

REVIEW : Chikal Catering